2 Kali Simulasi CAT CPNS, Berkali-kali Try Out PPPK, Bu Sri Masih Takut Enggak Lulus Lagi

 

Ketua Forum Honorer K2 dan P2G Kabupaten Blitar Sri Hariyati //Foto Sumber JPNN.com

Info PNS. Menjelang pendaftaran CPNS (calon pegawai negeri sipil) dan PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) 2021, honorer menempuh berbagai cara agar bisa lulus seleksi.

Salah satunya guru honorer K2 Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Sri Hartati. Bu Sri, panggilan akrabnya, mengaku ini yang kedua kalinya akan mengikuti seleksi PPPK. Pada 2019 lalu, Bu Sri gagal.

Sebab, dia tidak lulus passing gradesosiokultural. Namun demikian, Bu Sri berupaya lulus pada tes 2021 ini.

Bu Sri yang mengabdi sebagai guru honorer K2 selama puluhan tahun itu pengin sekali menjadi PPPK. Semua dilakukan demi anak tercintanya.

"Saya sudah bekerja lebih 20 tahun. Ingin sekali menjadi PPPK, demi anak saya," kata Bu Sri kepada JPNN.com, Selasa (25/5).

Bu Sri melakukan berbagai ikhtiar agar bisa lulus. Dia rajin mengikuti simulasi computer assisted test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) CPNS. Selain itu, dia juga mengikuti try out seri belajar mandiri PPPK yang difasilitasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Ketua Forum Honorer K2 Kabupaten Blitar ini mengungkapkan dari dua kali simulasi CAT BKN, nilai yang diperolehnya lumayan. Pertama 200-an, kemudian kedua 300-an, sedangkan saat try out beberapa kali, nilainya juga lumayan. Namun, Bu Sri memiliki satu kekhawatiran saat ujian nanti. “Saya tetap khawatir ujian nanti malah blank. Saya takut sekali kalau gagal lagi yang kedua," ungkapnya.

Bu Sri sebenarnya termasuk guru honorer K2 yang mendapatkan afirmasi untuk peserta tes PPPK bersertifikat pendidik. Artinya, Bu Sri sudah mengantongi nilai 100 persen kompetensi teknis. Hanya saja, dia tetap khawatir mengalami kegagalan di tes manajerial, sosiokultural, dan wawancara. "Aduh, saya enggak tenang. Waswas kalau enggak lulus passing grade sosiokultural," ucapnya.

Bu Sri pun berharap pemerintah jauh-jauh hari mengumumkan passing grade PPPK. Hal itu agar Bu Sri dan kawan-kawan seperjuangan bisa memprediksi berapa nilai yang harus dicapai. Pada 2019 lalu, ujar dia, pemerintah mengumumkan passing grade PPPK sehari menjelang tes. Akibatnya, kata Sri, banyak yang tidak siap. "Ya seperti saya, nilai kompetensi teknis saya melampaui passing grade tetapi sosiokultural di bawah (passing grade) makanya enggak lulus," kenang Bu Sri. (GSL)

Artikel ini telah tayang di
JPNN.com
dengan judul
"2 Kali Simulasi CAT CPNS, Berkali-kali Try Out PPPK, Bu Sri Masih Takut Enggak Lulus Lagi",
https://www.jpnn.com/news/2-kali-simulasi-cat-cpns-berkali-kali-try-out-pppk-bu-sri-masih-takut-enggak-lulus-lagi?page=3

Post a Comment

0 Comments